Aplikasi, Coding Kesehatan dan Tutorial

Tuesday, February 21, 2017

Kerusakan Printer Canon Ip2720 error 5100


 Assalamualaikum.
Alosobat, apa kabar sobat ? semoga selalu sehat sob. bebeapa hari yang lalu saya diminta untuk memperbaiki sebuah printer Canon iP2720 tanpa menggunakan infus, kemudian saya coba memperiksa ternyata printer memberikan pesan error 5100. 

Dengan kerusakan printer itu saya mendapatkan pengalaman yang coba saya tuangkan menulis artikel di blogger untuk berbagi pengalaman dengan sobat dan jika sobat  mengalami permasalahan yang sama  pada printer dengan error 5100 tanpa menggunakan infus, tidak ada salahnya saya membagi pengalaman.

Indikasi error tersebut :
Apabila sewaktu dibuka cover penutup printer   maka rumah  catrige printer tidak menuju ketengah.


Kemungkinan kerusakan :
  1. Adanya bagian mekanik yang tidak berjalan normal
  2. Adanya benda yang masuk sehingga dapat mengganggu kinerja mekanik

Cara mengatasi :
  1. Perhatikan dalam  printer apakah  ada benda asing yang  masuk didalam bagian jalur rumah printer dan perhatikan juga di bagian penarik kertas printer, jika ada maka ambil benda asing tersebut.
  2. Jika benda asing tidak ada dan masih error, maka cobalah dengan menggerak/ menekan bagian penarik kertas bisa saja ada bagian peralatan yang tidak kembali ketempat semula.
  3. Jika 2 cara tersebut belum bisa mengatasi kerusakan maka cara yang terakhir adalah membongkar printer untuk melihat sesuatu benda asing yang masuk hingga mengganggu kinerja mekanik.
Saran
Saya tidak menyarankan menggunakan cara ke 3 jika tidak berpengalaman atau ditemani oleh  orang yang sudah berpengalaman,.

Demikian tutorial ini semoga bermamfaat. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Berkomentar yang baik dan sopan ya sobat