Aplikasi, Coding Kesehatan dan Tutorial

Tuesday, July 4, 2017

Belajar Pemograman PHP 01

www.alosobat.blogspot.co.id

Alosobat, Assalamualaikum.
Kali ini saya akan mencoba menuangkan pemograman yang menurut saya juga masih dalam tahab belajar akan tetapi jika saya menunggu ilmu pemograman saya sempurna maka tidak akan cukup usia yang Allah berikan kepada saya dan dunia pemograman selalu terus berkembang tiada hentinya sampai kiamat tiba.

Untuk para master-master di dunia pemograman saya selaku orang banyak kekurangan memohon ijin untuk menulis pemograman php dan untuk para yang masih awam/tahap belajar silakan ambil pelajaran yang baik dan apabila ada penjelasan yang keliru di blog ini mohon dikoreksi dengan perkataan baik. ayo kita ke TKP.

Untuk pemograman PHP yang sangat terpenting jangan tegang, santai saja dan tekun mencari refrensi dan selalu mencoba coding yang ingin dipecahkan jangan malu bertanya baik di forum maupun teman-teman yang baik mensupport diri kita. ayo belajar sediakan cemilan hehehe..

File yang dibutuhkan untuk belajar :
  1. Appserv silahkan download disini dan instal ke pc anda
  2. Text editor sublime silahkan download disini dan instal ke pc anda
  3. Browser bisa gunakan internet explorer, google crome, firefox (saya menggunakan google crome dan firefox)
Membuat folder penempatan file php
silahkan sobat membuat foder yang bernama "belajarphp" di "C:\AppServ\www".

Struktur/ aturan penulisan PHP
  1. awal penulisan pemograman php :  <?php, ditutup dengan  ?> 
  2. Contoh 1 :
  3. Code program di tulis setelah kode <?php.
  4. Contoh 2 :

Setelah mengetahui aturan penulisan dan telah membuat folder "belajarphp", tidak lengkap rasanya kalau tidak langsung mempraktekkan membuat file php serta hasilnya. silahkan buka text editor sublime yang telah di instal di tadi, lalu copas contoh1 diatas, anda bisa mengikuti tahapan gambar berikut dibawah ini :












Maka hasilnya akan kosong, karena kita belum menulis source code yang disisipkan dalam file tersebut. silahkan sobat coba masukkan "contoh 2", dan ikuti cara yang sama pada  gambar maka hasilnya akan kosong juga. jika ingin menampilkan tulisan " alosobat disini kode yang akan dituliskan", maka harus diberikan perintah untuk menampilkan dengan source code "echo". lihat contoh dibawah ini :




Akhirnya selesai juga, ternyata rumit juga dan belum sempurna, selamat membaca sobat semua. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Berkomentar yang baik dan sopan ya sobat