Aplikasi, Coding Kesehatan dan Tutorial

Saturday, August 12, 2017

Pengertian JQuery

alosobat.blogspot.co.id


Apa kitu JQuery ?
Pengertian JQuery  adalah sebuah framework  yang  merupakan kumpulan  kode  javascript . Disebut demikian karena isi file JQuery merupakan kumpulan library javascript mempermudah proses pengelolaan dokumen HTML  seperti merubah konten, penanganan event, membuat animasi, menyiapkan user interface dan lain sebagainya. JQuery tetaplah javascript, namun dengan cara penulisan yang lebih mudah dan dapat dikembangkan secara fleksibel dengan adanya plugin. Anda juga dapat membuat plugin JQuery sendiri sesuai kebutuhan.

Keuntungan Menggunakan JQuery
  1.  Bersifat opern source, artinya anda dapat melihat source code JQuery jika diperlukan atau mengedit JQuery sesuai dengan keperluan
  2. Menyederhanakan proses penulisan kode javascript.
  3. Kompetebel  dengan  browser (internet explorer, firefox, google crome, opera dan browser modern lainnya).
  4. Mengenali dan dapat memanipulasi  selektor CSS.
  5. Tersedianya banyak plugin yang beragam untuk memperluas kemampan JQuery. Plugin ini tersedia secara gratis, tinggal diunduh melalui internet, anda dapat juga membuat plugin sendiri sesuai dengan keinginan anda.
  6. Ajax (Asynchronous JavaScript and XML).
  7. Memanipulasi elemen  HTML  supaya tetap rapih.
  8. Kemudahan mengakses elemen-elemen HTML.
  9. Penanganan event HTML.
  10. Modifikasi HTML DOM.
  11. Menyederhanakan kode javascript.
  12. Komunitas pengguna dan developer yang luas, mempermudah kita untuk dapat belajar lebih dalam tentang JQuery.

Cara mendapatkan JQuery
Anda bisa mendapatkan library JQuery dengan mendowloadnya situs resminya yaitu www.Jquery.org. Ada dua pilihan sewaktu ingin mendowload yaitu production yang ukurannya filenya lebih kecil, isinya dimaksimalkan untuk proses eksekusi lebih cepat. Sedangkan development struktur kodenya lebih rapih dan dilengkapi dengan komentar untuk mempermudah pemahaman membaca  baris kode.

Cara menyisipkan JQuery
Perlu diingat bahwa JQuery hanya sekumpulan script javascript dan sama sekali bukan bahasa pemograman baru. JQuery  hanya menyederhanakan penulilsan javascript. Karena JQuery adalah javascript maka penulisannya tetap disisipkan dalam dokumen HTML pada bagian <head> sebagai berikut :

<head>
<script type=”text/javascript” src=” Jquery-3.2.1.slim.js”></script>
</head>

Cara penulisan yang diatas Jquery-3.2.1.slim.js akan mengambil file script JQuery yang telah disimpan di dalam folder. Adapun cara kedua tanpa harus menyimpan hasil download file JQuery akan tetapi dapat menggunakan CDN. CDN adalah menyertakan alamat url website penyedia JQuery di dokumen HTML pada bagian <head>, sebagai contoh  dapat dilihat script JQuery di bawah ini :

<script   src="https://code.JQuery.com/Jquery-3.2.1.slim.js"   integrity="sha256-tA8y0XqiwnpwmOIl3SGAcFl2RvxHjA8qp0+1uCGmRmg="   crossorigin="anonymous"></script>


Sekian tutorial JQuery semoga bermamfaat sobat. Assalamualaikum.

1 comments:

Berkomentar yang baik dan sopan ya sobat